Training Jurnalistik Online MAN Salatiga

tglpost 2018-10-28 tukangpost M. Waston A, M.Pd ketegori Kegiatan Siswa

Seiring perkembangan jaman, bidang jurnalistik tidak hanya mencakup jurnalistik cetak (majalah dan koran) serta jurnalistik elektronik (radio dan televisi) akan tetapi juga jurnalistik online yang merupakan jurnalistik generasi ketiga seiring berkembangnya internet sebagai sarana media online.

Jurnalistik online adalah proses pengumpulan, penulisan dan penyebarluasan berita secara online di internet. Berkembangnya media sosial di masyarakat menuntut kemampuan generasi sekarang untuk dapat memahaminya serta menggunakannya. Perlunya Peserta didik dalam mendalami jurnalistik online akan membawa dampak positif. Salah satunya adalah ketrampilan di dalam mengelola situs web serta media sosial yang ada dengan penuh tanggung jawab. Apabila maka hal tersebut dapat terwujud maka peluang bagi Peserta didik untuk terjun di dalam dunia jurnalistik online yang semakin berkembang akan terbuka.

Berdasarkan pertimbangan tersebut, PUSKOM MAN Salatiga dibawah bidang humas mengadakan Pelatihan Jurnalistik online untuk peserta didik dengan harapan akan  memunculkan peserta didik yang memiliki kemampuan di dalam mengelola media online (khususnya website) dan media sosial sebagai sarana informasi dan komunikasi modern.

Pelatihan tersebut berlangsung selama dua hari pada hari Sabtu 27 Oktober 2018 dan hari Minggu 28 Oktober 2018. Pada kegiatan tersebut peserta didik mendapatkan berbagai materi yang berkaitan dengan dunia Jurnalistik online diantaranya dasar-dasar Jurnalistik online, Teknik peliputan berita, pengenalan Website dan Media Sosial, Teknik penulisan artikel online, pengenalan HTML dan blogging serta teknik edit gambar/foto dan Video. Pemateri yang mengisi pelatihan tersebut adalah para tentor yang telah berpengalaman di bidangnya dan diantaranya adalah dari wartawan harian Suara Merdeka. Selain mendapatkan teori kejurnalistikan, peserta juga mempraktikkannya secara langsung sehingga pelatihan tersebut berlangsung dengan antusiasme yang tinggi.


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya


Silahkan Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.roomantik.com
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini




www.m-edukasi.web.id blog guru