Gelar Karya P5RA Base 2 MAN Salatiga

 

Acara Gelar Karya P5RA MAN Salatiga berkolaborasi dengan Dispora Goes to School berlangsung meriah. Mengusung tema “iGeneration Man Salatiga sebagai Wirausaha yang Berkarakter”, Gelar Karya P5RA Man Salatiga dilaksanakan pada Hari Senin (27/02). Sebanyak 371 siswa yang terbagi dalam 54 kelompok menunjukkan produk wirausahanya melalui stand-stand UMKM yang dihias dengan menarik. Acara tersebut semakin meriah dengan adanya penampilan band dan tari Profil Pelajar Pancasila oleh siswa-siswi kelas 10 dari MAN Kota Salatiga. Acara tersebut dihadiri oleh Pj. Wali Kota, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga, Ketua Kemenag Salatiga, Ketua Komite MAN Salatiga dan tamu undangan lainnya.

Ameliasari T. Kesuma, SE., M.Pd., selaku Ketua Penyelenggara kegiatan tersebut menyampaikan bahwa gelar karya kali ini berproses dengan beragam kegiatan, karena temanya kewirausahaan, maka kegiatan yang dilakukan anak-anak bermain dan mengambil makna dari beragam game entrepreneur. “Gelar Karya kali ini bukanlah sekedar gelar karya, tetapi bagaimana anak-anak berproses menemukan jawaban atas permasalahan yang terjadi di sekitar mereka,” ujar Amelia.

Pj. Wali Kota Salatiga memberikan apresiasi kepada MAN Kota Salatiga atas terselenggaranya Gelar Karya kali ini. Beliau berpesan pada event selanjutnya diadakan lomba membuat video promosi terkait produk yang dipamerkan pada hari ini sebagai tindak lanjut dari acara tersebut. “Kita akan melihat bagaimana menyampaikan dan mempublikasikan produk itu, belajar tentang produksi dan belajar tentang marketing. Dengan kiat-kiat dari anak muda akan muncul ide-ide baru dan kreatif,” ucap Sinoeng. Pada kesempatan tersebut, Pj. Wali Kota Salatiga juga berkenan memberikan sesi tanya jawab kepada siswa dan guru dari MAN Salatiga. Dalam momen tersebut, Pj. Wali Kota Salatiga juga memberikan sebuah handphone dan laptop untuk siswa dan guru yang berhasil menjawab pertanyaan serta satu set komputer untuk sekolah. Kemudian Pj. Wali Kota beserta rombongan mengunjungi stand-stand UMKM dari siswa. Acara dilanjutkan dengan Seminar Kewirausahaan dari Dispora.

Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan diri dari siswa, ketrampilan komunikasi menjadi lebih baik, belajar bernegosiasi, mengelola emosi, belajar Tangguh saat ide gagal dan berusaha bangkit. Selain itu, siswa-siswi MAN Kota Salatiga dapat mengexplore potensi dalam diri agar berkembang dengan maksimal dan tumbuh sesuai dengan nilai-nilai budi pekerti.

Sinung N. Rachmadi
Dispora Kota Salatiga
Kemenag Salatiga
Dinas Pendidikan Pemerintah Kota Salatiga
MAN Kota Salatiga
Humas Kota Salatiga

#GelarKarya #Kewirausahaan #SalatigaFlash #Salatiga
sumber (https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=pfbid02x2zSxbwyc6fskRHjgB4Z84zZmAGE7ERfg8gbqQNuZEWVfK2A76kSrg55FFH65Emjl&id=148427349188359&mibextid=Nif5oz)

Live Chat