Jl. KH Wahid Hasyim No.12, Sidorejo Lor, Kec. Sidorejo

Sosialisasi Program Guru Abad 21 “Madrasah Merdeka Belajar” MAN Salatiga

Re-post berita tanggal 28 Agustus 2021

 MAN Salatiga MAN Salatiga menyelenggarakan Pelatihan Guru Abad 21 “Madrasah Merdeka Belajar”, dalam rangka program pengembangan kompetensi berkelanjutan.  Pelatihan ini sebagai Sosialisasi Program Pelatihan Madrasah Merdeka Belajar MAN Salatiga yang diikuti oleh Bapak/Ibu Guru MAN Salatiga, dan diselenggarakan secara virtual (Sabtu, 28/08/21).

Pelatihan Madrasah Merdeka Belajar ini untuk meningkatkan kompetensi kepala madrasah dan guru, serta bersama mengembangkan madrasah merdeka belajar.

Madrasah Merdeka Belajar adalah madrasah yang berpusat pada murid, mengembangkan literasi, memberikan berbagai pilihan cita, cara dan cakupan belajar pada murid. Hal ini sejalan dengan filosofi pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara, menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak anak, selalu mengutamakan kepentingan anak-anak. Hal ini  meliputi, 1) Madrasah yang berpusat pada murid madrasah, sehingga seluruh program yang dibuat seluruhnya untuk kepentingan murid madrasah. 2) Madrasah merdeka belajar adalah madrasah yang mengembangkan literasi, numerasi dan karakter. 3) Madrasah merdeka belajar selalu memberikan berbagai pilihan cita, cara dan cakupan belajar pada murid-muridnya.

Madrasah Merdeka Belajar merupakan perubahan yang berpusat pada murid madrasah, sehingga akan membuat murid menjadi aktif belajar dengan kemauannya sendiri.  Dan murid akan asmaran terhadap belajar, demikian pula guru, kepala dan semua yang ada di lingkungan murid tersebut.

Meski pelatihan tahap awal baru dimulai, keantusiasan bapak ibu guru MAN Salatiga sangat tinggi untuk mencoba masuk dan bergabung dengan program Madrasah Merdeka Belajar, dilanjutkan mengerjakan 3 Modul Praprogram, yaitu Modul Guru Merdeka Belajar, Modul Menjadi Pemimpin Merdeka Belajar, Modul Refleksi Cinta dalam Pengasuhan, serta Asesmen Penggerak Perubahan Pendidikan.

Ingin tahu dan penasaran?! Buruan daftar dan login di sekolah.mu

(Salam Merdeka Belajar!)

Catatan: Mohon maaf kami re-post berita yang belum masuk di website dikarenakan kendala teknis akibat migrasi website dari tampilan lama ke tampilan baru. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Live Chat