Jl. KH Wahid Hasyim No.12, Sidorejo Lor, Kec. Sidorejo

Penilaian Tahap II Zona Integritas MAN Salatiga

oleh Verifikator  Dirjen Pendis Kemenag RI

MAN Salatiga-Direktorat Jenderal Pendidikan Islam telah menetapkan Pilot Project Pembangunan Zona Integritas  menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) pada 32 madrasah se-Indonesia. MAN Salatiga terpilih dan termasuk empat madrasah di Jawa Tengah yang menjadi Pilot Project.

Setelah MAN Salatiga melakukan rentetan persiapan dan penataan dokumen secara berkesinambungan menuju perubahan Zona Integritas, Kamis, (28/01/2021) MAN Salatiga menuju tahap II Penilaian oleh Verifikator  Dirjen Pendis Kemenag RI, Dra. Hj. Siti Sakdiyah, M.Pd. untuk melakukan verifikasi kelengkapan dokumen.

Kedatangan Dra. Hj. Siti Sakdiyah, M.Pd disambut dengan baik oleh Kepala MAN Salatiga, H. Handono dan seluruh tim kerja PMPZI MAN Salatiga. Hadir pula Pengawas Madrasah jenjang MTs dan MA, H. Saefudin dan Kepala SubBag TU Kankemenag Kota Salatiga, H. M. Soleh Mubin, untuk memberikan dukungan kepada MAN Salatiga dalam mewujudkan pembangunan ZI.

Sebelum H. Siti Sakdiyah melakukan penilaian dari masing-masing area, kepala MAN Salatiga memberikan paparan singkat terkait hasil pembangunan menuju perubahan ZI berupa evidence/bukti dari enam area melalui microsoft power point serta menjelaskan inovasi yang telah dikembangkan MAN Salatiga seperti Tahfidzul Qur’an, MANSA Research, dan beberapa inovasi lainnya kepada verifikator.

 “Harapan kami kepada Ibu Sakdiyah selaku verifikator, memberikan masukan perbaikan serta evaluasi guna menghasilkan pembangunan ZI yang lebih baik dan bermanfaat guna mewujudkan ZI.” Harapan kepala MAN Salatiga.

Dilanjutkan sambutan singkat oleh Kasubbag TU Kankemenag Kota Salatiga bahwa “MAN Salatiga dan Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga, bersama-sama berjuang membangun ZI di Salatiga. Mohon kiranya ibu Sakdiyah memberikan masukan yang terbaik, supaya kami dapat melewati tahap berikutnya.”

Secara singkat, Siti Sakdiyah menyampaikan terima kasih atas sambutan MAN Salatiga dan dukungan Kantor Kementerian Agama Kota Salatiga dalam membersamai pembangunan ZI. Terkait penilaian, beliau menyampaikan  “Inilah yang menjadi tantangan satker yang sudah mempunyai komitmen untuk membangun ZI. Semoga evidence/bukti yang dikumpulkan sudah sesuai, sehingga nilai yang dikeluarkan oleh Dirjen Pendis, Irjen, dan Balitbang akan sesuai dan tidak terlalu berbeda. Tetap semangat untuk tim kerja PMPZI” jelas Sakdiyah.

 

Setelah sambutan dan paparan singkat, tiba saatnya tim PMPZI menyiapkan seluruh evidence untuk dinilai oleh verifikator. Secara bergantian, tiap area yang diwakili oleh 2 orang melakukan verifikasi terhadap evidence yang diperiksa oleh verifikator. Dengan teliti Siti Sakdiyah memeriksa evidence serta memberikan masukan perbaikan sekaligus penilaian tiap area.

Kegiatan penilaian tahap II berlangsung hingga sore. Sebelum Siti Sakdiyah berpamitan, beliau melakukan survey keadaan MAN Salatiga.

Tim PMPZI usai penilaian dari verifikator, sore itu juga menyimpulkan evaluasi kekurangan yang ada di tiap area perubahan untuk ditindak lanjuti. (Salam Perubahan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *