Jl. KH Wahid Hasyim No.12, Sidorejo Lor, Kec. Sidorejo

PEMBINAAN AGEN PERUBAHAN DAN PENGUKUHAN SEBAGAI DUTA INSPIRATIF KEMENTERIAN AGAMA TAHUN 2021

MAN Salatiga Agen Perubahan dari MAN Salatiga Nurjadid, S.Pd.I, M.Si., dan Ameliasari Tauresia Kesuma, S.E., M.Pd. peroleh penghargaan dari Menteri Agama RI, Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Pusat Republik Indonesia. Dalam hal ini Biro Ortala dan Kepegawaian memilih Agen Perubahan yang berskala nasional, pada tanggal 29 November 2021 memberikan penghargaan sebagai Duta Inspiratif serta Pembinaan Agen Perubahan Kementerian Agama.

Nurjadid mengusung tema inovasi perubahan yang berjudul “Proses Cerdas Pembelajaran Berbasis e-bookcreator di Masa dan Setelah Pandemi”, inovasi tersebut fokus pada tiga hal, yakni  pertama, Pembelajaran Past Time (WFH, masa pandemic covid-19 yang efisien, terjangkau, lengkap), yang kedua, Present Time (WFO, Masa PTM Terbatas, di mana guru dapat langsung menanyakan kesulitan pembelajaran pada sebagian murid), yang ketiga, Future Time (yang akan datang, karena guru dapat menganalisa tulisan tangan berbasis psikologi, kecenderungan kepribadian, kelebihan dan kekurangan, serta pesion murid yang akan datang).

Sedangkan Ameliasari mengusung tema inovasi perubahan yang berjudul “Menuju Madrasah Abad 21- Madrasah Merdeka Belajar”. Madrasah Merdeka Belajar, murid mandiri mengarahkan tujuan, cara dan penilaian belajarnya yang ditandai dengan orientasi pada penguasaan kompetensi dan pola belajar personalisasi,  Madrasah Merdeka Berkarya, Madrasah yang menghasilkan karya, program belajar yang dapat digunakan oleh murid, guru, orang tua dan kepala madrasah dari madrasah/sekolah lain

Kegiatan penghargaan tersebut bertempat di Jakarta (Jalan Lapangan Banteng (Klinik RB Lt.4 serta di Jalan M.H.Thamrin no. 6 Jakarta / Auditorium H.M. Rasjidi), dan di Hotel Novotel Bogor bagi ASN Kementerian Agama baik struktural dan non-struktural lainnya, seperti ASN Guru Inovatif dan Inspiratif yang bertemakan “Satu Barisan Duta Inspiratif”.

(NJd – Semoga Terus Berkarya, Berinovasi, dan Ikhlas Beramal di bawah Naungan MAN Salatiga dan Kementerian Agama Kota Salatiga)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Live Chat