Peserta Didik MAN Salatiga: Participant Y20 Indonesia 2022

MAN Salatiga Nabiel Auli Ilma Nafi’an (biasa dipanggil Nabil), saat ini duduk di kelas XII MIPA 2 MAN Salatiga. Selain mendapatkan beberapa kejuaraan lomba selama di MAN Salatiga, Nabil telah mewakili Forum Anak Jawa Tengah sebagai Perwakilan Pemuda dari seluruh Indonesia dalam kegiatan Y20 Post Summit “Pesta Rakyat”, yang dilaksanakan Sabtu, 29 Oktober 2022 di Balaikota Surakarta.

Y20 Post Summit “Pesta Rakyat’?

Y20 merupakan wadah forum pemuda negara anggota G20 yang konsentrasi membahas isu-isu pemuda seluruh Indonesia. Y20 sebagai forum di bawah KTT G20 (Konferensi Tingkat Tinggi) yang menampung dan menyalurkan usulan-usulan yang dijadikan acuan pada acara KTT G20 Indonesia 2022. Sedangkan G20, forum kelompok negara yang terdiri dari 19 negara yang memiliki perekonomian terbesar di dunia sekaligus adanya organisasi antar pemerintah dan supranasional yaitu Uni Eropa.

Kegiatan Y20 yang dilaksanakan di Balaikota Surakarta, membahas dan memaparkan empat point penting Y20 yang akan diusulkan pada KTT G20 di Bali, 15-16 November 2022; memberikan materi leadership dan penguatan karakter pemimpin di Indonesia dan negara anggota G20; serta, menjalin relasi, solidaritas, dan bertukar pengalaman.

Sebagai pemuda yang memiliki minat akan isu pemuda, Nabil ingin membuktikan bahwa pemuda memiliki kontribusi dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi. Sehingga Nabil tak hanya ingin mewakili forum Y20 sebatas tingkat seluruh Indonesia, namun hingga forum G20 internasional yang akan dilaksanakan di Bali.

“Rasa bangga dan bahagia karena dapat bertemu orang-orang hebat, founder dari organisasi pemuda seluruh Indonesia bahkan dunia, menambah relasi dan pengetahuan yang sangat banyak karena tidak hanya membahas hal kecil tapi mendunia,” imbuh Nabil.

 “Y20 merupakan acara langka yang jarang sekali kita temui dalam beberapa waktu atau tahun ke depan, karena Y20 akan selalu berpindah tiap tahunnya dari satu negara ke negara yang lain. Banyak acara atau event yang dapat mengembangkan bakat, menyalurkan aspirasi, bahkan mencetak generasi muda yang unggul, jadi teman-teman janganlah malu untuk membuat explore diri,  mencari kesempatan dan mengikuti selagi bisa dan ingin berubah,” motivasi Nabil untuk teman-teman yang ingin maju berkembang.

Live Chat