Jl. KH Wahid Hasyim No.12, Sidorejo Lor, Kec. Sidorejo

PERESMIAN ASRAMA TAHFIDZ ULUL ALBAB, PENYERAHAN SERTIFIKAT & BEASISWA TAHFIDZUL AL-QUR’AN MAN SALATIGA

MAN Salatiga sebagai madrasah di Kota Salatiga memiliki program unggulan Tahfidzul Al-Qur’an (penghafal Al-Qur’an) yang dirintis sejak tahun 2010. Angkatan 1, diawali Tahfidzul Al-Qur’an putra yang berada di rumah Tahfidz Dr. Supartinah, kala itu diikuti 9 hafidz MAN Salatiga. Dikembangkan lagi tahun 2017 dengan berdirinya rumah Tahfidz putri di gedung Yayasan Al-Muflihun Salatiga. berjalannya waktu, peminat program unggulan Tahfidzul Al-Qur’an MAN Salatiga semakin meningkat.

Dengan berkembangnya minat peserta didik MAN Salatiga pada program unggulan Tahfidzul Al-Qur’an, serta tak luput dari dukungan wali murid, (Senin, 17/01/2022) MAN Salatiga meresmikan Rumah Tahfidz Ulul Albab MAN Salatiga dan penyerahan sertifikat beasiswa Tahfidzul Qur’an kepada 55 peserta didik MAN Salatiga.

Rumah Tahfidz Ulul Albab MAN Salatiga berada di kompleks lokasi MAN Salatiga di gedung lantai 3 dan diperuntukkan bagi penghafal Al-Qur’an putri sebanyak 21 hafidzah.

Handono, S.Ag., M.Pd. selaku Kepala MAN Salatiga menyatakan, “Salah satu program unggulan MAN Salatiga, melahirkan para penghafal Al-qur’an. Bagi hafidz-hafidzah yang mampu menghafal Al-Qur’an akan menerima sertifikat dan beasiswa Tahfidzul Al-Qur’an. Saat ini, kami bersyukur, karena telah mewujudkan Asrama Tahfidzul Al-Qur’an, yang sebelumnya bekerja sama dengan tokoh masyarakat setempat.”

“Penghafal Al-Qur’an dengan tinggal di asrama Ulul Albab MAN Salatiga, insyaAllah mampu mewujudkan dan mendukung kegiatan sepenuhnya di masjid Darussalam, serta hafidzah lebih konsentrasi dalam beribadah serta menghafal Al-Qur’an. Sehingga untuk ke depannya, melahirkan para penghafal Al-Qur’an dan menambah minat calon peserta didik untuk belajar di MAN Salatiga.” ujar Handono.

Adapun penyerahan sertifikat dan beasiswa Tahfidzul Al-Qur’an MAN Salatiga, dilakukan oleh Kakanwil Kemenag Jawa Tengah, H. Musta’in Ahmad. S.H., M.H., Wawali Kota Salatiga, Dr. Muh. Haris, SS., M.Si., Kepala Kemenag Kota Salatiga, H. Taufiqurrahman, S.Ag., M.S.I., Kepala MAN Salatiga, Handono, S.Ag., M.Pd., dan Ketua Komite MAN Salatiga, Dr. Sa’adi, M.Ag.,

Muh Haris mengungkapkan terima kasih kepada MAN Salatiga yang telah membantu Pemerintah Kota Salatiga dalam mengembangkan mutu pendidikan, karena semua langkah untuk menuju perkembangan dan kemajuan berawal dari pendidikan sumber daya manusia yang ada.

“Mari kita dukung dan wujudkan harapan anak-anak dalam menjaga dan mengamalkan ajaran Al-Qur’an yang kelak menjadi tokoh yang patut kita dukung, untuk selalu menginspirasi  dalam menjaga sikap, tutur kata dan ketawadhuan, sehingga mampu menginspirasi orang sekitar untuk menghafal Al-Qur’an,” harapan Kakanwil Kemenag Jawa Tengah.

(Terjemahan Surat Al-Hijr ayat 9: “Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Al-Qur’an, dan pasti Kami (pula) yang memeliharanya.” —– Al-Qur’an memiliki sifat menjadi pengingat, untuk mudah diingat dan dihafalkan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Live Chat