Jl. KH Wahid Hasyim No.12, Sidorejo Lor, Kec. Sidorejo

PERAYAAN BELAJAR PROGRAM “MADRASAH MERDEKA BELAJAR” MAN SALATIGA

MAN Salatiga (Sabtu, 04/12/2021) merayakan Wisuda Belajar Program Madrasah Merdeka Belajar secara virtual sebagai penanda bahwa MMB MAN Salatiga tahap 1 telah usai. Program MMB MAN Salatiga ini terselenggara berkat kerjasama dan berkolaborasi dari Kampus Pemimpin Merdeka, Yayasan Guru Belajar, Jaringan Sekolah Madrasah belajar, Komunitas Guru Belajar Nusantara, KeluargaKita, Karier.mu dan MAN Salatiga.

Perayaan MMB MAN Salatiga, dihadiri oleh Kasi Guru Pendidikan Madrasah Kanwil Provinsi Jawa tengah, H. Agus Mahasin, S.Pd.I., M.Elm., Pengawas Madrasah Kementerian Agama Kota Salatiga jenjang MTs dan MA, H. Saefudin, Kabid PTK Dinas Pendidikan Salatiga, Haryati, M.Pd., dan tim kolaborasi MMB. 

Handono, S.Ag., M.Pd., selaku Kepala Madrasah, mengucapkan selamat kepada bapak ibu guru yang telah wisuda dalam program MMB MAN Salatiga. Beliau menuturkan bahwa proses hingga menuju perayaan MMB MAN Salatiga tidak terselenggara tanpa kerjasama dengan Tim Merdeka Belajar. Kurang lebih 2 bulan pihak madrasah menyelesaikan program tersebut, sehingga bapak ibu guru belajar banyak hal, dan perubahan dapat dirasakan dalam proses pembelajaran di kelas.

“Dengan adanya MMB, MAN Salatiga bisa menjadi pilot project, berfikir lebih cermat, perubahan yang bermanfaat, maju dan menciptakan dunia pendidikan merdeka belajar,” harap Saefudin.

Banyak pihak yang mendukung program MMB MAN Salatiga, di antaranya Haryati selaku Kabid PTK Dinas Pendidikan Salatiga, karena kegiatan MMB MAN Salatiga dari kolaborasi  Tim Merdeka Belajar dapat meningkatkan keprofesionalan guru dalam mendidik, mengajar mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik dalam mewujudkan MMB MAN Salatiga.

Selain itu, Agus Mahasin memberikan apresiasi kepada Kepala Madrasah, bapak ibu guru, dan pihak Tim Merdeka Belajar yang telah mengadakan, mengikuti dan mendukung kegiatan MMB MAN Salatiga. Menurut beliau, “Guru sebagai sosok di Madrasah sebagai miniature social untuk membentuk peserta didik secara maksimal dalam mengarahkan bagaimana menghadapi hidup, serta membawa perubahan dalam mewujudkan cita-cita, melakukan hal terbaik dan bermanfaat bagi orang lain sebagai ibadah.”

Bukik Setiawan selaku Ketua Yayasan Guru Belajar, juga memberikan apresiasi terhadap bapak ibu guru dalam menyelesaikan komitmen program MMB baik dari sisi alokasi waktu, energi, pikiran dengan penuh semangat belajar untuk mewujudkan transformasi pembelajaran pada perubahan-perubahan materi belajar esensial, fokus pada kompetensi, asesmen memberdayakan murid untuk melakukan proses belajarnya dan beberapa hal terkait lainnya.

Kegiatan perayaan program MMB MAN Salatiga berjalan dengan lancar dan rasa antusias dari peserta MMB, namun karena keterbatasan waktu, dilanjutkan penyampaian informasi dari tim MMB MAN Salatiga, di antaranya Syifullah Godi Ismail (Guru Belajar Sampai Akhir), Nurul Fatimah (Pemimpin Bertumbuh Bedaya), Fatrica Ivana (Karier Guru Belajar), Silfia Elmalia Putri (Sekolah.mu).

“Semoga ke depan bapak ibu guru bisa menerapkan apa yang sudah dipelajari dari Madrasah Merdeka Belajar. Memiliki ilmu tapi tidak ada pengamalan, apalah guna,” harap Kepala Madrasah.

(Madrasah Merdeka Belajar – Kak Rosa: Guru pembawa perubahan, guru pembelajar sepanjang hayat, telah tertanam dalam hati. Berkarya, berkolaborasi, berdaya, jadikan ini menjadi cita bersama. Guru Merdeka yang siap berjalan bersama menuju MAN Salatiga Merdeja Belajar.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Live Chat