Pelatihan Menghafal Al-Qur’an Metode Tikrar (“Hafal Al-Qur’an Tanpa Menghafal”)

Re-post berita tanggal 26 Agustus 2021

 MAN Salatiga Program Tahfizh MAN Salatiga Tahun Pelajaran 2021/2022 mengadakan Pelatihan Menghafal Al-Qur’an Metode Tikrar “Hafal Al-Qur’an Tanpa Menghafal” di  MAN Salatiga (Kamis, 26/08/21) yang diikuti 110 peserta, terdiri dari 81 peserta didik, 19 bapak ibu guru/karyawan, serta 10 Mahasiswa PPL IAIN Salatiga.

Ustaz Muh. Kholil, M. Sc., selaku Ketua Panitia sekaligus Seksi Asrama dan Tahfizh, menyampaikan bahwa Peserta Program Tahfizh Al Qur’an MAN Salatiga dari tahun ke tahun semakin banyak. Sebagai apresiasi dan fasilitasi, karena peserta program tahfizh  Al-Qur’an berasal dari latar belakang yang berbeda-beda, perlu pembekalan pengetahuan dan keterampilan menghafal dan mempertahankan hafalan Al-Qur’an. Beliau berharap, “Diadakannya pelatihan Menghafal Al-Qur’an Metode Tikrar, peserta program tahfizh Al-Qur’an mampu menghafal Al-Qur’an dengan cepat dan mudah, serta mampu mempertahankan hafalan Al Qur’an dengan baik.”

Dilanjutkan sambutan Kepala Madrasah, Handono, S.Ag., M.Pd. menuturkan, lima komponen dalam menghafal Al-Qur’an di antaranya; Niat ikhlas para hafizh-hafizhah, Lembaga penyelenggara tahfizhul Qur’an, Metode menghafal Al-Qur’an yang ditanamkan, Pengajar tahfizh Al-Qur’an, dan Tindak lanjut kegiatan tahfizh. “Baca dan hafalkan Al-Qur’an dari sekarang agar kita menjadi orang yang sukses di dunia maupun akhirat,” Puskasnya

Saat yang dinantikan, acara inti Pelatihan Menghafal Metode Tikrar “Hafal Al-Qur’an Tanpa Menghafal” oleh Ustaz Ari Priyatno, Lc. Beliau alumni Al-Madinah Internasional University Malaysia, saat ini sebagai Supervisor Syamil Al-Qur’an Wilayah DIY, Jateng, Kalimantan.

Peserta pelatihan mengikuti acara penuh antusias, menyimak penjelasan dan mempraktikkan hafalan Al-Qur’an secara bergantian dengan menggunakan metode Tikrar yang diajarkan oleh Ustaz Ari Priyanto, Lc.

(MK – Benahi Diri ke Niat Awal untuk Menghafalkan Al-Qur’an)

Catatan: Mohon maaf kami re-post berita yang belum masuk di website dikarenakan kendala teknis akibat migrasi website dari tampilan lama ke tampilan baru. (red)

Live Chat