Jl. KH Wahid Hasyim No.12, Sidorejo Lor, Kec. Sidorejo

MAN SALATIGA P5RA TAHAP I

 

JALANKAN KURIKULUM MERDEKA,
MAN SALATIGA P5RA TAHAP I
Bangunlah Jiwa Raganya”

MAN Salatiga merupakan salah satu madrasah di Indonesia yang menerapkan Kurikulum Merdeka pada tahun pelajaran 2022-2023 ini. Dalam implementasinya, Kurikulum Merdeka terdapat P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamiin.

P5RA merupakan kegiatan kokurikuler berbasis proyek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila) dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamiin. Selain itu, P5RA sebagai salah satu ciri khas dan poin istimewa pada Kurikulum Merdeka. Adanya P5RA merupakan upaya untuk menumbuhkan nilai-nilai Pancasila dalam diri siswa, yaitu Beriman, Berkebhinekaan Global, Bergotong royong, Mandiri, Bernalar Kritis dan Kreatif. Selain itu untuk siswa madrasah juga diharapkan dapat melahirkan Pelajar yang Rahmatan Lil Alamin dengan memiliki karakter Ta’addub (berkeadaban), Qudwah (keteladanan), Muwathanah (kewarganegaraan), Tawassut (mengambil jalan tengah), Tawazun (berimbang), I’tidal (lurus dan tegak), Musawah (kesetaraan), Syura (musyawarah), Tasamuh (toleransi) dan Tathawur wal ibtikar (dinamis dan inovatif).

Pada semester ganjil tahun pelajaran 2022-2023 ini, penerapan P5RA di MAN Salatiga mengambil tema “Bangunlah Jiwa Raganya” dengan topik proyek yang ditentukan oleh peserta didik dalam kelompoknya. Kegiatan Project dilakukan dengan tahapan pengenalan, kontekstualiasasi, aksi nyata, dan refleksi serta tindak lanjut berupa pameran hasil produk peserta didik yang dapat diterapkan kebermanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh peserta didik kelas X berjumlah 375 siswa yang dibagi menjadi 55 kelompok, serta Bapak/Ibu Guru fasilitator sebagai pemantik upaya menghasilkan hasil produk masing-masing kelompok.

Puncak kegiatan dilakukan pada kegiatan pameran atau pagelaran P5RA Fase E, yang dilaksanakan hari Sabtu, 5 November 2022. (Tunggu kehadiran, Gelar Proyek P5RA Fase E MAN Salatiga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Live Chat