Ekstrakulikuler

Bidang ekstrakurikuler yang dikembangkan di Madrasah Aliyah bersifat botton up, artinya jenis kegiatan ekstrakurikuler disesuaikan dengan keinginan dan bakat peserta didik. Adapun jenis ekstrakurikuler yang sudah dikembangkan antara lain:

  1. Palang Merah Remaja

Tujuan:

  1. Melatih peserta didik untuk mampu menanggulangi dan menolong dalam setiap kecelakaan yang akan di sekitar.
  2. Mengembangkan jiwa sosial dan peduli terhadap orang lain.
  3. Membiasakan hidup sehat.
  1. Kepramukaan,

Bertujuan untuk melatih Peserta didik agar terampil dan mandiri, menanamkan sikap peduli terhadap orang lain, melatih agar mampu bekerja sama dengan orang lain, menanamkan sikap disiplin, menumbuhkan rasa percaya diri. Ruang lingkupnya adalah

  1. Keterampilan personal
  2. Keterampilan sosial
  3. Keterampilan vokasional sederhana
  1. Kesenian (Band/Seni Musik/Rebana), bertujuan untuk menumbuhkan apresiasi (penghargaan) Peserta didik terhadap seni musik dan budaya Islami, memupuk bakat dan minat Peserta didik di bidang seni musik, menumbuhkan rasa percaya diri. Ruang lingkupnya adalah keterampilan memainkan alat musik band.
  1. Qiroah, bertujuan untuk menumbuhkan apresiasi (penghargaan) dan kecintaan Peserta didik terhadap seni baca Al Qur’an, memupuk bakat dan minat siswa di bidang seni baca Al Qur’an, menumbuhkan rasa percaya diri. Ruang lingkupnya adalah keterampilan seni baca Al Qur’an.
  1. Tahfid, bertujuan untuk menumbuhkan apresiasi (penghargaan) dan kecintaan Peserta didik terhadap Al Qur’an, memupuk bakat dan minat siswa di bidang hafalan baca Al Qur’an, menumbuhkan rasa percaya diri. Ruang lingkupnya adalah keterampilan membaca dan menghapal Al Qur’an.
  1. Olahraga, bertujuan untuk melatih dan menumbuhkan rasa percaya diri, mengendalikan emosi, menyalurkan bakat dan minat. Ruang lingkupnya adalah ketrampilan teknik bermain Bola Volly, Atletik, Tenis meja, bola basket,  bulutangkis dan Pencak silat.
  1. UKS/PMR, bertujuan untuk melatih ketrampilan dalam bidang UKS dan PMR, menumbuhkan rasa percaya diri, mengendalikan emosi, menyalurkan bakat dan minat. Ruang lingkupnya adalah ketrampilan UKS dan ke PMR an.
  1. PKS bertujuan untuk melatih dan menumbuhkan sikap disiplin, rasa percaya diri, mengendalikan emosi, menyalurkan bakat dan minat. Ruang lingkupnya adalah ketrampilan teknik PBB, dan ke PKS an.
  1. Bahasa Asing (Bahasa Jepang Program Pilihan)

Tujuan

Pembelajaran bahasa Jepang di Indonesia bertujuan agar para peserta didik memiliki kemampuan dasar dalam ketrampilan mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis untuk berkomunikasi secara sederhana.

Ruang Lingkup

Mata Pelajaran Bahasa Jepang terdiri atas bahan yang berupa wacana lisan dan tulisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, kehidupan sehari-hari, hobi, dan wisata untuk melatih keempat aspek kemampuan berbahasa, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Selain itu, termasuk juga pengenalan huruf Hiragana, Katakana, dan Kanji sederhana.




www.m-edukasi.web.id blog guru