Visi Misi

  1. Visi Madrasah

Madrasah Aliyah Negeri Salatiga sebagai lembaga pendidikan menengah berciri khas Islam perlu mempertimbangkan harapan peserta didik, orang tua peserta didik, lembaga pengguna lulusan madrasah dan masyarakat dalam merumuskan visinya. Madrasah Aliyah Negeri Salatiga  juga diharapkan merespon perkembangan dan tantangan masa depan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, era informasi dan globalisasi yang sangat cepat. Madrasah Aliyah Negeri Salatiga  ingin mewujudkan harapan dan respon dalam visi berikut :

“Unggul dalam prestasi, berakhlakul karimah dan terampil “

Dengan indikator visi sebagai berikut :

  1. Unggul dalam prestasi
  1. Naik kelas 100% secara normatif
  2. Lulus Ujian Madrasah dan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional 100 % dengan peningkatan nilai rata-rata peserta didik  menjadi 7,50.
  3. Lulus Ujian Nasional 100 %, dengan nilai rata-rata 7,50.
  4. Seluruh lulusan dapat melanjutkan  ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau bekerja/berwirausaha sesuai bakat dan keterampilannya dengan minimal 30 % diterima di perguruan tinggi favorit
  5. Unggul dalam lomba mapel/olimpiade sains sampai tingkat nasional
  6. Unggul dalam berbagai lomba keagamaan sampai tingkat nasional
  7. Unggul dalam berbagai lomba olah raga sampai tingkat nasional
  8. Unggul dalam berbagai lomba seni sampai tingkat nasional
  9. Unggul dalam berbagai lomba KIR, debat dan pidato sampai tingkat nasional
  10. Terwujudnya lingkungan madrasah yang bersih, indah, rapi, sejuk, nyaman, dan sehat.
  11. Mampu membaca Al Qur’an dengan fasih dan menulis huruf arab dengan benar.
  12. Hafal beberapa juz Al Qur’an, minimal hafal  juz ama dan doa-doa harian.

 

  1. Berakhlakul karimah
    1. Unggul dalam iman dan taqwa
    2. Menjalankan  ibadah wajib dengan benar.
    3. Menjalankan sholat lima waktu dengan berjamaah.
    4. Tertanamnya pembiasaan akhlakul karimah pada warga madrasah.
    5. Mengucapkan salam dan berjabat tangan dengan sesama.
    6. Menghargai, menghormati, menyayangi dan suka menolong sesama
    7. Demokratis, jujur, disiplin, sportif, bertanggungjawab dan percaya diri.
    8. Menjaga sopan santun dan berbudi pekerti luhur.
    9. Mentaati peraturan yang berlaku.

 

  1. Terampil
    1. Terampil berbahasa Arab, Inggris, Jepang dan Jawa.
    2. Unggul dan terampil dalam aplikasi komputer dan internet
    3. Terampil dalam memperbaiki mesin otomotif.khususnya sepeda motor
    4. Terampil dalam menjahit dan mendesain busana.
    5. Memiliki semangat kewirausahaan/entepreunership dalam bidang tata busana, otomotif atau teknologi informasi.
    6. Memiliki ketrampilan dibidang kepramukaan, olahraga, seni dan agama sesuai bakat dan minat.

 

  1. Misi
    1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas sehingga setiap peserta didik berkembang secara optimal sesuai dengan potensinya dalam pencapaian prestasi akademik dan non akademik
    2. Mewujudkan pembelajaran dan pembiasaan dalam mempelajari ilmu agama, ilmu pengetahuan, dan teknologi dengan menciptakan lingkungan yang Islami di madrasah
    3. Menumbuhkembangkan  akhlakul karimah pada seluruh warga madrasah.
    4. Menyelenggarakan pembinaan pengembangan diri dan pelatihan keterampilan untuk menumbuhkembangkan minat, bakat dan ketrampilan peserta didik

 

  1. Tujuan Pendidikan Madrasah

Secara umum tujuan pendidikan di Madrasah Aliyah sama dengan pendidikan menengah yang lain, yaitu meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta ketrampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut, berdasarkan ajaran Islam.

Mengingat visi merupakan tujuan jangka panjang, maka tujuan madrasah yang akan dicapai dalam jangka waktu empat tahun ke depan  adalah :

  1. Peserta didik naik kelas 100% secara normatif
  2. Lulus Ujian Madrasah dan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional 100 % dengan peningkatan nilai rata-rata peserta didik  menjadi 7,50.
  3. Lulus Ujian Nasional 100 %, dengan nilai rata-rata 7,50.
  4. Seluruh lulusan dapat melanjutkan  ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau bekerja/berwirausaha sesuai bakat dan keterampilannya dengan minimal 30 % diterima di perguruan tinggi favorit
  5. Peserta didik dapat meraih juara dalam lomba mapel/olimpiade sains.
  6. Peserta didik dapat meraih juara dalam lomba keagamaan
  7. Peserta didik dapat meraih juara dalam berbagai lomba olah raga.
  8. Peserta didik dapat meraih juara dalam berbagai lomba seni.
  9. Peserta didik dapat meraih juara dalam berbagai lomba KIR, debat dan pidato.
  10. Madrasah dan peserta didik dapat mewujudkan  lingkungan madrasah yang bersih, indah, rapi, sejuk, nyaman, dan sehat.
  11. Pada akhir tahun pelajaran peserta didik mampu membaca Al qur’an dengan fasih dan menulis huruf arab dengan benar
  12. Pada akhir tahun pelajaran peserta didik Hafal  juz ama dan doa-doa harian.
  13. Peserta didik memiliki keunggulan dalam Iman dan Taqwa
  14. Peserta didik mampu Menjalankan  ibadah wajib dengan benar.
  15. Peserta didik sadar untuk menjalankan sholat lima waktu dengan berjamaah.
  16. Peserta didik terbiasa malaksanakan akhlakul karimah pada warga madrasah.
  17. Peserta didik terbiasa mengucapkan salam dan berjabat tangan dengan sesama.
  18. Peserta didik terbiasa saling menghargai, menghormati, menyayangi dan suka menolong sesama.
  19. Peserta didik terbiasa bersikap demokratis, jujur, disiplin, sportif, bertanggungjawab dan percaya diri.
  20. Peserta didik terbiasa menjaga sopan santun dan berbudi pekerti luhur.
  21. Peserta didik sadar dan mentaati peraturan yang berlaku.
  22. Peserta didik menguasai dan terampil dalam aplikasi komputer dan internet
  23. Peserta didik menguasai dan terampil dalam memperbaiki mesin otomotif.
  24. Peserta didik menguasai dan terampil dalam menjahit dan mendesain busana.
  25. Peserta didik memiliki semangat kewirausahaan/entepreunership dalam bidang tata busana, otomotif  atau teknologi informasi.
  26. Peserta didik terbiasa dan terampil berbahasa Arab, Inggris, Jepang dan Jawa.
  27. Peserta didik memiliki ketrampilan dibidang kepramukaan, olahraga, seni dan agama sesuai bakat dan minat.

 

  1. Sasaran
  1. Pada akhir tahun pelajaran;
  1. Guru mampu meningkatkan kompetensinya sesuai standar kompetensi guru profesional
  2. Guru mampu mengembangkan metode pembelajaran aktif yang berkualitas berbasis ICT.
  3. Kelas X dan XI dapat naik kelas 100 % secara normatif sesuai kriteria.
  4. Kelas XII dapat lulus UM dan UAMBN 100 % dengan peningkatan nilai rata-rata peserta didik  menjadi 7,50.
  5. Kelas XII lulus UN 100 %, dengan nilai rata-rata 7.50.
  1. Minimal 30 % dari jumlah lulusan peserta didik dapat  melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi favorit baik umum maupun agama
  2. Memperoleh peringkat minimal 5 besar lomba mapel/ olimpiade sains pada tingkat  Kota Salatiga, Propinsi atau even lain.
  3. Memperoleh peringkat minimal 3 besar lomba keagamaan pada tingkat  Kota Salatiga, Propinsi atau even lain.
  4. Memperoleh peringkat minimal 3 besar lomba olah raga ditingkat Kota Salatiga, Propinsi atau nasional.
  5. Memperoleh peringkat minimal 3 besar lomba seni ditingkat Kota Salatiga, Propinsi atau even lain.
  6. Kreatifitas seni   peserta didik dapat ditampilkan  dalam acara akhirusannah kelas XII, HAB Kemenag dan kegiatan lainnya.
  7. Dapat  masuk 3 besar lomba KIR, debat dan pidato ditingkat Kota Salatiga, Propinsi atau even lain.
  8. Tertanamnya nilai dan sikap untuk menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan.
  9. Tertanamnya nilai dan sikap untuk menyelamatkan dirinya sendiri dan para remaja dalam hal penyalahgunaan narkoba dan seksualitas yang tidak benar dan HIV/AIDS pada peserta didik
  10. Memiliki tim pengelola UKS/PMR di Madrasah
  11. Memperoleh prestasi dan lomba UKS/PMR dan sekolah sehat minimal 5 besar tingkat kota Salatiga.
  12. Pada akhir tahun pelajaran;
  1. Seluruh Peserta didik dapat membaca Al Qur’an dengan baik dan benar
  2. Peserta didik kelas X hafal minimal 10 surat juz amma.
  3. Peserta didik kelas XI hafal minimal 20 surat juz amma.
  4. Peserta didik kelas XII hafal semua surat juz amma.
  5. Peserta didik kelas XII hafal doa-doa sehari-hari.
  1. Pada akhir tahun pelajaran  pemahaman dan pelaksanaan ajaran Islam di madrasah semakin  meningkat
  2. Dalam jangka 1 tahun seluruh peserta didik terbiasa menghargai dan menghormati kepada sesama warga madrasah
  3. Pada akhir tahun pelajaran  Pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik terbiasa berakhlakul karimah di lingkungan madrasah.
  4. Pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik terbiasa mengucapkan salam dan berjabat tangan kepada sesama warga madrasah.
  5. Pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik terbiasa menghargai sesama, menghormati atasan, dan menyayangi sesama warga madrasah.
  6. Dalam jangka 1 tahun 100 % peserta didik  terbiasa untuk berinfaq.
  7. Terbentuknya struktur pengurus OSIS madrasah sebagai wahana pelatihan siswa berorganisasi.
  8. Terlaksananya program-program kerja OSIS.
  9. Pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik terbiasa menghargai orang tua dan tamu.
  10. Pada akhir tahun 95% pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik mentaati tata tertib madrasah.
  11. Pada akhir tahun pelajaran  tenaga pendidik dan kependidikan memiliki ketrampilan aplikasi komputer dan internet.
  12. Peserta didik memiliki ketrampilan dalam mengaplikasikan komputer dan internet.
  13. Peserta didik memiliki ketrampilan dalam memperbaiki sepeda motor
  14. Peserta didik memiliki ketrampilan dalam mendisain dan menjahit busana.
  15. Peserta didik memiliki ketrampilan dan semangat kewirausahaan dalam tata busana, perbengkelan, las, dan teknik komputer.
  16. Pemenuhan sarana prasarana laboratorium bahasa.
  17. Pemenuhan buku dan CD pembelajaran bahasa.
  18. Pada saat kelas XI didik memiliki ketrampilan dalam menulis  karya tulis.
  19. Pada saat kelas XI  peserta didik berpartisipasi dibidang jurnalistik dalam mewujudkan majalah tahunan madrasah
  20. Peserta didik memiliki ketrampilan dan organisasi yang handal dibidang kepramukaan, olah raga, seni, dan keagamaan sesuai bakat dan minat.

 

  1. Program
  1. Pelaksanaan pembelajaran secara efektif dengan CTL
  2. Mengadakan pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis ICT.
  3. Workshop kompetensi paedagogis, profesional dan sosial guru.
  4. Mengadakan penambahan jam pelajaran mapel UN mulai kelas X s/d XII
  5. Membentuk kelas unggulan.
  6. Melaksanakan moving kelas per semester.
  7. Terwujudnya kelas dengan fasilitas LCD.
  8. Mengadakan pengayaan untuk siswa yang telah mencapai ketuntasan dan remidial bagi pesdik yang belum tuntas.
  9. Pelaporan hasil belajar dalam bentuk Raport, SKHUAMBN, SKHUN dan Ijazah
  10. Memberikan penghargaan kepada guru dan peserta didik yang berprestasi.
  11. Memfasilitasi sosialisasi  lanjut belajar dari jenjang pendidikan yang lebih tinggi
  12. Mengadakan bimbingan studi lanjut bagi peserta didik  kelas XII
  13. Mengadakan seleksi dan bimbingan belajar olimpiade sains
  14. Menyertakan peserta didik dalam lomba mapel/olimpiade sains.
  15. Memberikan penghargaan kepada siswa yang berprestasi.
  16. Mengadakan bimbingan tahfid dan tartil Qur’an melalui pengembangan diri.
  17. Menyertakan peserta didik dalam event/lomba keagamaan.
  18. Mengadakan seleksi dan pelatihan berbagai cabang olah raga unggulan.
  19. Menyertakan peserta didik dalam event/kejuaraan olah raga dan porseni.
  20. Mengadakan seleksi dan pelatihan berbagai cabang seni unggulan.
  21. Menyertakan peserta didik dalam event/lomba seni.
  22. Menampilkan kreatifitas seni pesdik dalam akhirusanah, HAB Kemenag atau kegiatan lainnya.
  23. Mengadakan bimbingan dan pelatihan KIR, debat dan pidato melalui pengembangan diri.
  24. Menyertakan peserta didik dalam event/lomba KIR, debat dan pidato.
  25. Melaksanakan program UKS/PMR sebagai pengembangan diri.
  26. Melaksanakan kerjasama dengan Puskesmas dan PMI untuk meningkatkan kesehatan warga madrasah.
  27. Memberikan pengetahuan KRR/HIV/AIDS dan penanggulangan narkoba.
  28. Mengikutsertakan pesdik dan madrasah dalam sekolah sehat dan lomba UKS/PMR.
  29. Menyediakan pelatih profesional dari dalam dan luar MAN Salatiga
  30. Pelaksanaan pengembangan diri BTA  kelas X dan mengetik Arab kelas XI dan XII.
  31. Membentuk guru pembimbing tadarus dan hafalan surat-surat pendek.
  32. Setiap hari Jum’at jam 07.00 s.d 07.20 peserta didik melaksanakan tadarus Al Qur’an
  33. Setiap hari Jum’at jam 07.00 s.d 07.20 peserta didik menghapal surat-surat pendek.
  34. Melengkapi Al Qur’an dan disimpan di almari kelas.
  35. Rehabilitasi mushola.
  36. Pengawasan akhlak kepada peserta didik di lingkungan madrasah
  37. Pelaksanaan sholat dluhur berjamaah di madrasah.
  38. Pelaksanaan sholat Jum’at di masjid sekitar madrasah.
  39. Pembiasaan mengucapkan salam
  1. Ketika bertemu sesama warga madrasah
  2. Ketika mengawali dan mengakhiri Pelajaran
  3. Setiap masuk dan keluar dari ruang kantor dan ruang kelas
  1. Keteladanan berakhlakul karimah dari para pendidik/tenaga kependidikan kepada peserta didik
  2. Melaksanakan sakinah Friday bagi pesdik perempuan setiap hari Jum’at.
  3. Pembiasaan berjabat tangan peserta didik ketika :
  1. Awal Masuk pintu gerbang dengan bpk/ibu guru
  2. Bertemu dengan sesama peserta didik ketika datang dan pulang (putri dengan putri, dan putra dengan putra)
  3. Berpamitan dengan bapak/ibu guru setelah jam pelajaran terakhir
  1. Pembiasaan berjabat tangan pada guru dan karyawan ketika datang dan pulang (bapak dengan bapak dan ibu dengan ibu)
  2. Pengumpulan infaq pada setiap hari jum’at
  3. Mengikutsertakan pembina atau peserta didik dalam kegiatan-kegiatan peningkatan keilmuan dan ketrampilan pramuka, PBB, dan pengembangan kepribadian yang lain.
  4. Pemberian reward bagi peserta didik berprestasi dalam bentuk bea siswa.
  5. Melaksanakan Training pengenalan kerpibadian dan pada peserta didik kelas X.
  6. Peningkatan pelayanan dengan ramah dengan 3 S (salam, senyum, sapa).
  7. Sosialisasi dan penegakan displin, kode etik dan tata tertib tenaga pendidik dan kependidikan sesuai peraturan kepegawaiaan yang berlaku.
  8. Sosialisasi tata tertib madrasah kepada warga madrasah dan orang tua/wali.
  9. Penegakan tata tertib dan tindak lanjutnya yang ditangani oleh BK, seksi ketertiban dan wali kelas.
  10. Pemenuhan sarana laboratorium komputer dan internet.
  11. Menyediakan fasilitas hot spot area
  12. Pelatihan akses internet bagi guru dan peserta didik.
  13. Pelatihan pembuatan blog bagi guru.
  14. Penyediaan layanan internet di perpustakaan sebagai sumber balajar.
  15. Melaksanakan pelajaran IT sebagi mulok dan ketrampilan selama 4 jam per minggu.
  16. Melaksanakan pelajaran ketrampilan perbengkelan sepeda motor selama 4 jam per minggu.
  17. Menyediakan ruang praktik otomotif.
  18. Menambah sarana praktik sepeda motor .
  19. Menyediakan ruang praktik tata busana.
  20. Menambah sarana praktik menjahit.
  21. Melaksanakan pelajaran ketrampilan tata busana selama 4 jam per minggu.
  22. Mengembangkan bengkel sebagai unit usaha dan tempat magang pesdik.
  23. Mengembangkan outlet untuk menjual produk pesdik.
  24. Mengembangkan bengkel, kantin, fotocopy dan koperasi sebagai unit usaha.
  25. Mengadakan peragaan. pameran/bazar hasil karya peserta didik.
  26. Penyelenggaraan kegiatan pembinaan jurnalistik  dalam bentuk ektra kurikuler selama  2 jam pelajaran dalam seminggu
  27. Pembentukan tim buletin madrasah
  28. Mengadakan pelatihan jurnalistik
  29. Mengirimkan guru pembimbing /siswa dalam dalam kegiatan penataran, pelatihan dan lain-lain yang terkait dengan jurnalistik
  30. Mengarahkan peserta didik untuk mengisi mading 
  31. Mengikutsertakan pembimbing maupun peserta didik dalam lomba jurnalistik.
  32. Pengadaaan ruang untuk seni tari,dan seni musik beserta sarana latihan yang memadai.
  33. Penyelenggaraan pembinaan kegiatan seni baca Al Qur’an, seni musik rebana  dan seni kaligrafi dalam bentuk ekstrakurikuler 2 jam pelajaran dalam seminggu
  34. Mengikuti jambore ditingkat kota atau propinsi.
  35. Mengirimkan peserta didik dalam berbagai pelatihan dan peningkatan ketrampilan kepramukaan, olah raga, seni dan keagamaan




www.m-edukasi.web.id blog guru