PEMBUKAAN ASRAMA PUTRI TAHFIZH AL QUR’AN MADRASAH ALIYAH NEGERI SALATIGA

Diposting pada: 2017-05-06, oleh : M. Waston A, M.Pd, Kategori: Pendidikan

Para santri putrid Madrasah Aliyah Negeri Salatiga telah menempati Asrama Putri Tahfizh Al Qur’an. Asrama ini terlaksana atas kerjasama antara MAN Salatiga dan Yayasan Al Muflihun Salatiga. Peresmiannya dilaksanakan pada hari Ahad, 7 Januari 2017, bertepatan dengan kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan oleh pihak Yayasan.  Peringatan kali ini dilaksanakan dengan sederhana dengan dengan agenda utama peringatan Maulid Nabi Serah Terima Pemanfaatan Gedung Yayasan Al Muflihun kepada Pihak MAN Salatiga yang akan digunakan sebagai Asrama Tahfizh Al Qur’an.

Hadir dalam kegiatan tersebut, seluruh warga muslim sekitar Masjid Al Muflihun, calon santri Asrama beserta orang tua, Pengurus Yayasan, dan Pimpinan MAN Salatiga. Selain itu hadir pula Mantan Walikota Salatiga, Yulianto, S.E, M.M sebagai peletak batu pertama pendirian gedung tersebut. juga hadir Mantan Walikota Salatiga, H. Muh. Haris, S.Si, M.Si selaku pemberi Tausiyah Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW.

Acara diawali dengan pembukaan dan dilanjutkan dengan serah terima pemanfaatan gedung dari Yayasan kepada MAN Salatiga. Pengurus Yayasan, Bapak H. Wahid Hasyim, M.Pd.I menyampaikan ucapan terima kasih kepada MAN Salatiga yang akan memanfaatkan gedung yang telah 2 tahun kosong tidak termanfaatkan. Ini artinya jariyah yang telah tersalur untuk pembangunan gedung tersebut tidak mengalirkan pahala. Dengan pemanfaatan asrama Tahfizh Al Qur’an   ini berarti pahala bagi para donator akan kembali mengalir. Selaku ketua RT, beliau juga mewaliki warga menyambut baik kehadiran para santri yang jumlahnya 17 orang dan Pembina 2 orang ini akan ikut meramaikan aktivitas masjid dan dapat memberikan warna kepada masyarakat. Sebagai warga baru diharapkan dapat “mikul duwur mendem jero” terhadap masyarakat sekitar.

Acara kemudian dilanjutkan serah terima kepada Kepala MAN Salatiga. Dalam sambutannya Kepala MAN Salatiga, Handono, S.Ag, M.Pd menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Yayasan yang telah memberikan ijin memanfaatkan gedung Yayasan dengan gratis. Ini merupakan jawaban atas harapan MAN Salatiga dan wali peserta didik yang mengharapkan adanya asrama putrid Tahfizh Al Qur’an sebagaimana putra. Beliau menyampaikan akan berusaha merawat, menjaga, dan memanfaatkan dengan  baik. Beliau mohon doa dari warga agar para santri betah di asrama dan ikut memakmurkan Masjid Al Muflihun. Tidak lupa Kepala MAN Salatiga juga menyampaikan permintaan maaf jika nantinya ada kekurangan-kekurangan yang saat ini atau nantinya yang dilakukan oleh pada santri, mengingat mereka semua masih anak-anak dan masih membutuhkan bimbingan.

Ustad H. Muh. Haris dalam tausiyahnya menyampaikan pentingnya meneladani Nabi Muhammad SAW, karena memang beliau adalah manusia sempurna, teladan bagi manusia sampai akhir zaman. Hal yang paling ditekankan pada tausiyah adalah keteladanan terhadap 4 aspek yang juga merupakan sifat wajib bagi seorang Nabi. Pertama Shiddiq. Setiap kita harus menjadi orang yang jujur dalam segala hal dan dalam segala keadaan. Kedua Amanah. Setiap kita harus menjadi orang yang amanah terhadap tugas yang telah diberikan kepada kita, baik tugas dari manusia maupun tugas dari Allah. Ketiga Tabligh. Setiap kita harus menjadi penyampai kebenaran yang bersumber dari Al Qur’an dan Hadits. dan Keempat Fatonah. Setiap kita harus menjadi manusia yang cerdas dan berilmu.  

Usai acara peringatan Maulid, dilanjutkan dengan peninjauan kesiapan Asrama oleh Pengurus Yayasan, Kepala MAN Salatiga, Warga, santri beserta walisantri.


Print BeritaPrint PDFPDF
Terima kasih telah berkunjung di Website Kami, semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda.

Ingin berlangganan artikel edukasi GRATIS ke email anda, subscribe email anda dibawah ini.

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar Anda


Nama*
Email* Tidak akan diterbitkan
Url  Ketik tanpa http:// contoh :www.kejari.com
Komentar*
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini

Forum Multimedia Edukasi  www.formulasi.or.id



www.m-edukasi.web.id blog guru