PELAKSANAAN IDUL QURBAN MAN SALATIGA DI DESA SRATEN

tglpost 2018-09-14 tukangpost M. Waston A, M.Pd ketegori Agenda Madrasah

Idul Adha dan peristiwa qurban yang setiap tahun dirayakan umat muslim di dunia merupakan refleksi atas catatan sejarah perjalanan kebajikan manusia masa lampau, untuk mengenang perjuangan monoteistik dan humanistik yang ditorehkan Nabi Ibrahim. Idul Adha bermakna keteladanan Ibrahim yang mampu mentransformasi pesan keagamaan ke aksi nyata perjuangan kemanusiaan.

Untuk menerapkan nilai-nilai tersebut,  keluarga besar MAN Salatiga mengadakan kegiatan Qurban dalam rangka menyemarakkan ‘Idul Adha 1439 H/2018 M.  Kegiatan tersebut berlangsung pada tanggal 22 Agustus 2018 di desa Sraten RT.03 RW.03 kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang dengan serangkaian kegiatan meliputi sholat Idul Adha bersama warga, penyerahan hewan qurban kepada masyarakat desa Sraten, penyembelihan hewan kurban (sapi), pentasyarufan daging qurban kepada masyarakat Sraten,takbir bersama masyarakat desa Sraten dan Sholawat dan pembacaan maulidu dziba’bersama remaja masjid Baitul Hamid, Sraten.

Tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut adalah sebagai pengenalan dan sosialisasi MAN Salatiga kepada masyarakat, memasyarakatkan dan mensyiarkan MAN Salatiga terutama syiar agama Islam serta melatih peserta didik MAN Salatiga untuk lebih peduli kepada masyarakat yang kurang mampu/miskin dengan penyembelihan dan pentasarufan hewan qurban.

Pada kesempatan tersebut diserahkan 2 ekor Sapi kepada masyarakat Sraten yang merupakan hasil dari 14 peserta qurban guru dan karyawan MAN Salatiga. Selanjutnya daging qurban tersebut telah di distribusikan kepada warga Sraten dan sekitarnya dengan dibantu oleh peserta didik yang tergabung dalam Sie Kerohanian Islam (SKI) MAN Salatiga.


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya


Silahkan Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.roomantik.com
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini




www.m-edukasi.web.id blog guru