HARI GURU NASIONAL 2017 DI MAN SALATIGA

tglpost 2017-11-27 tukangpost M. Waston A, M.Pd ketegori Agenda Madrasah

Upacara hari Guru Nasional pada tanggal 25 November yang berlangsung di MAN Salatiga pada tahun ini berlangsung berbeda. Biasanya para petugas upacara dilakukan oleh peserta didik namun kali ini semua petugas baik komandan pleton, komandan upacara, pengibar bendera, pembaca teks UUD 45, pembaca doa bahkan paduan suara di laksanakan oleh para bapak/ibu guru MAN Salatiga. Para peserta didik cukup sebagai peserta upacara saja dan melihat para bapak/ibu guru mereka bertugas di lapangan. Hal ini tentu saja dilaksanakan dalam rangka hari Guru Nasional sebagai wujud contoh dan suri tauladan guru bagi para peserta didiknya.

Dalam kesempatan tersebut dibacakan amanat/ sambutan dari Mendikbud berkaitan dengan Hari Guru Nasional oleh bapak Hadi Susanto, M.Si selaku Pembina upacara. Dalam amanat yang dibacakannya, Mendikbud menyampaikan sejumlah hal penting terkait hak, kewajiban, serta besarnya jasa guru dalam mencetak generasi penerus bangsa. Salah satu yang ditekankan adalah memanfaatkan HGN 2017 sebagai momen mengevaluasi kebijakan-kebijakan pemerintah bagi guru di Indonesia. Terutama, untuk menjadikan guru lebih profesional, sejahtera, dan bermartabat.

"Kebijakan-kebijakan yang sedang dan akan terus dilaksanakan adalah menjadikan guru menjadi kompeten, profesional, terlindungi, dan pada gilirannya lebih sejahtera, mulia, dan bermartabat." Selain itu, juga mengingatkan pentingnya peran guru membentuk karakter peserta didik melalui tiga harmonisasi. Yakni, olah hati, olah pikir, dan olah raga."Di samping itu juga guru dan tenaga pendidik harus mampu mengelola kerja sama satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat untuk mengobarkan Gerakan Nasional Revolusi Mental."

Upacara berlangsung dengan hikmad dan lancar. Rasa haru tampak di wajah para peserta didik ketika paduan suara menyanyikan lagu Hymne guru, pasalnya kali ini yang bertindak sebagai tim paduan suara adalah para ibu guru mereka yang kemudian seluruh peserta didikpun ikut pula menyanyikannya. Upacara diakhiri dengan jabat tangan oleh seluruh peserta didik kepada bapak/ibu guru sebagai ucapan selamat dan wujud tanda bhakti kepada guru yang telah membimbing mereka.  


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya


Silahkan Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.roomantik.com
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini




www.m-edukasi.web.id blog guru